Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengadakan Stadium General di Gedung Auditorium, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan yang bertajuk al-Qur’an dan Brain itu menghadirkan narasumber Dr.  Sophan yang merupakan Psikolog dari Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Dr. Hj. Naqiyah, M.Ag menyampaikan bahwa pentingnya mahasiswa memahami al-Qur’an yang dapat berguna langsung dalam kehidupan sehari-hari. “Penting bagi mahasiswa untuk memahami bahwa al-Qur’an itu memiliki pengaruh yang besar bagi otak manusia,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, integrasi antara al-Qur’an dengan sains saat ini sedang dibutuhkan oleh masyarakat global. Ini penting karena pengetahuan agama Islam sangat diperlukan di era globalisasi.

Sementara itu, Dr. Sophan menyampaikan bahwa di beberapa negara sudah mengimplementasikan al-Qur’an sebagai terapi untuk kecerdasan otak. Ada penelitian yang valid untuk menguji orang yang belum terapi al-Qur’an dengan yang sudah pada bentuk otak.

Dia mengatakan, bahwa niat yang baik itu akan mengantarkan ke posisi yang lebih baik dan pantas berkarakter yang baik dan akhlak yang baik akan diterima didalam masyarakat.

Dia mengatakan, “ada trend yang positif pada orang-orang yang mau membaca al-Qur’an. Beberapa orang yang autis secara bertahap dapat sembuh dengan terapi al-Qur’an,” paparnya.

Dalam kegiatan itu, mahasiswa cukup antusias untuk bergabung. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru dari al-Qur’an. “Ya. Saya ternyata baru tahu bahwa al-Qur’an bisa menjadi terapi kebodohan,” ucap Wahyu salah satu peserta stadium general.

Share This Story, Choose Your Platform!

On the other hand, we denounce with righteous indignation and dislike men who are so beguiled and demoralized by the charms of pleasure of the moment, so blinded by desire, that they cannot foresee the pain and trouble that are bound to ensue; and equal blame belongs to those who fail in their duty through weakness of will, which is the same as saying through shrinking from toil and pain. These cases are perfectly simple and easy to distinguish.